Review
Jurnal Mempengaruhi Sikap Dan Perilaku :
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SUATU PRODUK
IBENU K.A
Oleh
: Muhammad Odi Saputra
Dalam
Tulisan “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SUATU
PRODUK” Penulis melakukan penulisan ini karena perkembangan zaman saat ini
menuntut konsumen bersikap pintar,cermat,efisien dan efektif dalam memilih
produk yang diinginkan. Telah dijelaskan di jurnal bahwa proses pengambilan
keputusan yang rumit sering melibatkan beberapa keputusan (decision)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Perilaku Konsumen dalam Pembelian Suatu Produk Perilaku Konsumen menurut
Schiffman, Kanuk (2004, p. 8) adalah perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam
pencarian akan pembelian, penggunaan, pengevaluasian, dan penggantian produk
dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan konsumen
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
antara lain terbagi menjadi 4 faktor yaitu:
1. Faktor Sosial : Group,Family Influence,Roles And Status
2. Faktor Personal :Economic Situation,Lifestyle Personality And
Self Concept,Age And Life Cycle Stage, Occupation.
3. Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Learning,Beliefs And
Attitude
4. Faktor Cultural : Subculture,Social Class.
Banyak faktor yang mempengaruhi
perilaku seseorang untuk mengambil sebuah Keputusan Pembelian suatu barang. Keputusan
pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004, p.547) adalah pemilihan dari dua atau
lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat
membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan. Keputusan
untuk membeli dapat mengarah kepada bagaimana proses dalam pengambilan
keputusan tersebut itu dilakukan tapi diantara faktor diatas yang paling
relevan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian adalah,
Motivasi,Persepsi,Pembentukan Sikat ( Attitude Formation),Integrasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar